Skip to main content

Tak Disangka! Rahasia Sehat dan Awet Muda Ternyata Semudah Ini



Ada yang pernah mendengar kisah tentang Annete Larkins? Jika belum, ijinkan saya sedikit menceritakannya disini. Setelah itu, saya jamin kamu bakal ingin makan sayur dan buah seumur hidup.

Annete Larkins adalah seorang wanita keturunan Amerika. Hal yang menarik darinya adalah, setiap kali berjalan dengan suaminya yang berusia 9 tahun lebih tua, orang – orang selalu mengira bahwa ia sedang berjalan dengan ayahnya.

Hal itu karena di usianya yang saat ini menginjak 77 tahun, Annete Larkins terlihat jauh lebih muda dari rekan – rekan seusianya.

Mau tahu rahasianya?

Ternyata sejak tahun 1963, Annete Larkins sudah menjalani diet vegan. Bisnis daging yang dijalani suaminya membuat Annete Larkins enggan menyantap daging karena ‘eneg’ melihat hewan yang disembelih setiap hari. Secara perlahan, ia juga mulai meninggalkan produk karbohidrat dan susu. Sehingga selama 56 tahun ini Annete Larkins benar – benar murni menjalani gaya hidup vegannya.

Iya, kamu nggak salah baca. 56 tahun guys!

Selama 56 tahun itu, Annete Larkins hanya mengkonsumsi buah - buahan, sayur - sayuran, kacang – kacangan, serta biji – bijian. Annete Larkins mengaku menyantap makanannya dalam kondisi segar. Karena proses pemasakan dapat merusak nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Dan yang mengagumkan adalah, sebagian besar bahan baku makanannya itu ia tanam sendiri di pekarangan rumah.

Foto Annete Larkins dan suaminya pada tahun 2012 / Sumber gambar : www.zumi.md

Mulanya banyak yang berpikir jika Annete Larkins sebenarnya sudah memiliki gen awet muda dari keluarganya. Namun pendapat itu keliru karena sebaliknya, keluarga Annette Larkins memiliki riwayat kesehatan yang buruk mulai dari darah tinggi hingga diabetes. Bahkan ibu dan neneknya meninggal sebelum usia 50 tahun karena kanker payudara.

Menyadari bahwa penyakit – penyakit itu diturunkan kepadanya, Annete Larkins pun melawan dengan menerapkan gaya hidup sehat yang konsisten ia jalani hingga saat ini. Tidak hanya terhindar diabetes, darah tinggi dan kanker payudara, diet vegan yang dilakukan Annete Larkins ternyata mendatangkan banyak manfaat baginya. Antara lain :

  •   Wajahnya terlihat 20 tahun lebih muda
  •     Tubuh kencang dan ideal meskipun sudah nenek – nenek
  •       Merasa lebih berenergi
  •    Jarang sakit dan tidak pernah lagi minum obat kimia


Annete Larkins bukannya tak pernah mengajak suaminya untuk menjalani gaya hidup sepertinya. Hanya saja ia membebaskan sang suami untuk memilih gaya hidup yang diinginkannya. Hingga pada suatu ketika, kurang lebih pada tahun 2012, akhirnya suami Annete Larkins mencoba diet vegan yang dijalani istrinya. Alasannya karena ia mengalami penyakit degenerative yang membuatnya harus meminum obat diabetes dan pengontrol tekanan darah tinggi. And guess what? Setelah menjalani banyak mengkonsumsi sayur dan buah, suami Annete Larkins berkata, “Oh my God, everything better. My blood pressure… everything.

Cool, sehat dan awet muda di usia yang mulai menua. Annete Larkins begitu menginspirasi sekali ya?

Apa sih kandungan sayur dan buah yang membuat sehat dan awet muda?


Di dalam sayur dan buah terkandung berbagai macam vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

14 Vitamin yang kita kenal mulai dari vitamin A hingga vitamin K, memiiki berbagai macam manfaat spesifik yang mendukung proses, fungsi dan metabolisme tubuh. Contohnya, vitamin A baik untuk menjaga fungsi kesehatan mata, vitamin D sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin E sangat baik untuk mencegah penuaan dini, dan lain – lain.

Begitupun dengan mineral. Menurut Prof. Maggy Thenawidjaja Suhartono, Ph.D, Guru Besar Teknologi Pangan dan Gizi dari IPB, ada 16 macam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti halnya vitamin, mineral juga berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh. Selain itu, mineral juga menjadi bahan baku kinerja enzim. Contoh mineral antara lain magnesium, kalsium, zat besi, dan lain – lain.

Aneka buah segar di supermarket / sumber : gambar pribadi
Sedangkan antioksidan yang berasal dari sayur dan buah dikenal dengan fitonutrien. Antioksidan ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel – sel tubuh yang sehat. Contohnya ada beta karoten, likopen, luten, dan lain – lain.

Setiap sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda – beda. Sehingga jika kita memakan beragam sayur dan buah setiap hari secara rutin, maka beragam vitamin, mineral dan antioksidan juga turut masuk dalam tubuh. Akibatnya, fungsi dan metabolisme tubuh terus terjaga dalam kondisi yang optimal.

Hasilnya seperti Annete Larkins, tetap sehat dan awet muda di usianya yang mulai menua.

Menanam sayur dan buah di pekarangan rumah


Selain menulis, saya juga punya hobi bercocok tanam. Mulanya saya mengoleksi berbagai macam pohon yang biasa digunakan untuk memasak, seperti pohon salam, salam koja, daun jeruk, suji, pandan, kunyit, dan lain – lain.

Untuk sayurannya, saya menanam pohon – pohon yang penanamannya mudah seperti kelor, pepaya jepang dan katuk.

Sayuran yang saya tanam
Kebetulan saya sekeluarga juga suka makan buah – buahan sehingga terpikir untuk menanam pohon buah di rumah. Akhirnya keluarga kebun rumah saya bertambah lagi dengan beberapa macam pohon buah seperti kedondong mini, jambu kristal, mangga, dan lain – lain. Dari pohon buah yang sudah saya tanam, beberapa ada yang sudah berbuah, ada yang sedang belajar berbuah, dan ada juga yang belum pernah berbuah sama sekali.

Pohon buah yang saya tanam

pohon anggur yang sedang belajar berbuah

Inti yang ingin saya sampaikan adalah, bercocok tanam di rumah adalah satu cara termudah untuk menghadirkan produk sayur atau buah segar dari rumah. Lahan yang sempit sebenarnya bukan suatu halangan karena sekarang ini banyak sekali metode bercocok tanam di lahan sempit seperti sistem tabulampot atau vertikultur.

Nah, gara – gara menemukan artikel tentang Annete Larkins , saya jadi semangat banget makan sayur dan sedikit terobsesi untuk memiliki kebun sayur seperti Annette Larkins. Rencananya saya ingin menanam, bayam, kangkung, seledri, tomat, kubis, bunga kol dan selada. Banyak banget ya, hahaha. Inginnya sih mencoba bercocok tanam dengan metode hidroponik. Tapi setelah membeli bukunya, saya jadi jiper sendiri karena bercocok tanam dengan cara hidroponik ternyata lumayan sulit juga untuk pemula seperti saya.
Oleh karenanya sepertinya saya akan mencoba berkebun sayur dengan media tanah seperti yang sudah – sudah karena memang lebih mudah.

Kemudian saya ingat kalau beberapa tahun lalu saya pernah mencoba berkebun sayur. Hanya saja hasilnya tidak seperti yang diharapkan karena benih yang dibeli kualitasnya kurang baik. Hal itu membuat saya jadi enggan untuk mencoba berkebun sayur lagi.

Tapi  berkebun sayur sudah masuk dalam whislist saya di tahun 2019. Sehingga kali ini saya harus membeli benih yang berkualitas unggul.

Benih sayuran berkualitas unggul Cap Panah Merah. Sahabat petani yang paling baik


Beruntung kita tinggal di belahan khatulistiwa yang dianugerahi tanah subur dan iklim yang bersahabat. Jadi sebenarnya tanpa harus harus menanam sendiri kita juga masih bisa menikmati sayur segar  melimpah dari petani lokal Indonesia yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket.

aneka sayur di supermarket


Tentunya saya berharap banyak para petani kita itu memiliki akses untuk dapat memperoleh benih unggul dengan mudah. Salah satu benih unggul yang sangat bagus untuk dibeli petani adalah benih dengan merk Cap Panah Merah yang diproduksi oleh PT. East West Seed Indonesia (EWINDO).

Mengapa dikatakan unggul? Karena benih Cap Panah Merah dihasilkan dari kegiatan pemuliaan tanaman. Dalam kegiatan pemuliaan tanaman ini, EWINDO melakukan pemeliharaan untuk memperbanyak dan menjaga kemurnian tanaman, serta berusaha memperbaiki mutu genetik sehingga dihasilkanlah benih unggul yang berkualitas tinggi.

sumber : panahmerah.id


benih cap panah merah / sumber : toko online


Tidak hanya itu, EWINDO juga berusaha untuk senantiasa berinovasi menemukan cara terbaik dalam menyediakan benih berkualitas tinggi untuk petani. Komitmen ini seiring dengan visi dan misi EWINDO yang percaya bahwa benih sayuran berkualitas tinggi adalah untuk hidup yang lebih baik. Tentu saja bukan hanya untuk hidup petani, melainkan juga untuk hidup masyarakat yang mengkonsumsi hasil tani.

Sedangkan akses untuk mendapatkan benih Cap Panah Merah dari EWINDO ini juga mudah sekali. Karena kita bisa mendapatkannya di toko pertanian atau toko online yang banyak tersebar di dunia maya. Ada pembelian dalam partai grosir yang cocok untuk petani, ada juga pembelian dalam partai eceran yang bisa dibeli oleh kita - kita yang gemar berkebun.

Bagaimanapun juga keberadaan benih unggul Cap Panah Merah ini merupakan salah satu kontribusi nyata untuk mempersembahkan kualitas hidup yang baik bagi masyarakat dalam mengkonsumsi sayuran segar.

So? Siap untuk sehat dan awet muda sepanjang masa? Makan buah dan sayur setiap hari yuk!

#cappanahmerah
#gobion2018
#generasimakansayurdanbuah

Referensi



  



Comments

Popular posts from this blog

Insto Dry Eyes, Solusi Seketika Untuk Gejala Mata Kering Saat Mengemudi Mobil

Gejala mata kering bisa datang tiba – tiba dan mengganggu aktivitas kita. Entah itu saat sedang asyik membaca, marathon nonton drama Korea, atau mengemudi di jalan raya. Jangan dibiarkan saja, Untuk gejala mata kering, Insto Dry Eyes solusinya. Setiap kali memperhatikan suami tatkala ia sedang mengemudi, saya selalu berpikir bahwa mengemudi mobil itu hal yang mudah. Hanya menggoyang setir, mengganti gigi, menginjak pedal gas dan pedal rem saja kan? Apa sih sulitnya? Tapi secara praktik, mengemudi mobil itu ternyata tak semudah yang dibayangkan. Karena ada entitas tak berwujud lain yang mesti diperhitungkan. Seperti feeling , respon berpikir, fokus dan konsentrasi.  Mengemudi mobil juga butuh mental yang berani, serta koordinasi yang apik antara mata, tangan dan kaki. Apalagi untuk mengemudi di jalan raya. Lengah sedikit tak hanya dapat membahayakan diri sendiri saja, namun juga bisa mencelakakan pengguna jalan lainnya. Hal yang paling krusial saat mengemudi di

Jalan - jalan ke Cibinong City Mall untuk Akhir Pekan yang Menyenangkan

Saat weekdays , pagi - pagi sekali ayah sudah berangkat bekerja. Kirana menghabiskan setengah harinya di sekolah. Sementara saya, sepanjang hari berjibaku dengan berbagai urusan rumah tangga sambil mengasuh Aruna. Rutinitas seperti ini, otomatis membuat family time yang terbangun pada hari kerja sangat terbatas waktunya. Itu sebabnya, kita semua selalu mendamba weekend, bukan? Weekend atau akhir pekan, bagi saya adalah saatnya family time . Dimana semua anggota keluarga bisa berkumpul lengkap dan menghabiskan waktu bersama. Salah satunya dengan pergi jalan - jalan. Dengan segala kepenatan yang begitu terasa saat hari kerja, tentunya semua ingin jalan - jalan saat akhir pekan. Apalagi saya, ibu rumah tangga yang sehari - harinya hanya di rumah saja. Masa iya akhir pekannya nggak kemana - mana? Tentunya sayalah yang paling semangat mengajak orang rumah untuk jalan - jalan. Jalan - jalan keluarga kami itu nggak neko - neko kok. Yang penting membuat

Maksimalkan Cantik Alamimu dengan Perawatan Tubuh Praktis ala Velvy Beauty

Punya suami yang tak romantis itu seringkali membuat diri ini gigit jari. Bayangkan saja, selama 7 bulan pacaran hingga 7 tahun menikah, tak pernah sekalipun ia memberi bunga atau puisi yang sering diharap - harap sang istri.                                         Padahal istrinya ini ingin sekali merasakan berbunga - bunganya hati ketika diberi sekuntum mawar. Setidaknya, setahun sekali lah, pada saat ulang tahun atau wedding anniversary. Meski sudah diberi kode keras, namun tak pernah sekalipun ia mengabulkannya. Sebagai ganti, ia selalu membawa cake ulang tahun untuk dikunyah bersama. Oh my god . Suami saya ini selalu punya pembelaan sendiri kenapa tak pernah mau memberikan bunga untuk istrinya. Katanya, kalau bunga adalah lambang cinta, maka bunga itu pasti layu dan berguguran. Sementara cintanya pada sang istri akan selalu abadi dan berkembang. sumber : tenor.com Kalau sudah bilang begitu biasanya saya langsung balik kanan, pura - pura nggak dengar sambi