Skip to main content

Optimalkan Masa Emas Batita dengan Program Edukasi Kodomo Challenge

Kemarin sore, aku dan anak - anak sedang bermain di teras depan ketika pak satpam datang menghampiri rumah kami.

"Sore bu, tadi pas ibu pergi ada paket dateng, jadi dititip ke pos. Ini bu, mangga.", kata pak satpam. Dahiku mengernyit pertanda bingung, perasaan tidak belanja apa - apa kok terima paket, paket apa ya ini?

"Permisi ya bu.", lanjut pak satpam. "Oh iya pak, makasih ya," balasku.

Setelah membuka bungkus paket, kebingunganku mendadak berubah jadi super happy. Yeayy, ternyata ini paket Free Trial Kit Kodomo Challenge untuk si kecil Aruna yang sudah kutunggu - tunggu. Yang bikin happy lagi adalah karena paket ini dikirim tanpa membayar sedikit pun alias gratis. Hihi, dasar ya emak - emak memang seneng banget sama yang namanya gratisan.

Aku dapat info tentang Kodomo Challenge ini dari seorang teman, katanya Kodomo Challenge ini merupakan program edukasi berlangganan untuk anak usia toddler (1-2 tahun ) dan usia playgroup (2-3 tahun ), dimana para pelanggan akan mendapat kiriman materi berbeda setiap bulannya berupa buku bergambar, mainan edukasi, DVD atau video edukasi, serta buku panduan orang tua. Materinya digarap oleh profesional dan disesuaikan dengan tumbuh kembang anak usia dini.



  Line up Playgroup Kodomo Challenge 

Rasa - rasanya Kodomo Challenge ini cocok banget untuk Aruna yang umurnya belum genap 3 tahun. Karena penasaran, akhirnya aku mendaftarkan diri sebagai anggota di situs Shimajiro.id, kemudian mengisi formulir Free Trial Kit untuk lebih mengetahui, Kodomo Challange itu apa aja sih isinya, bentuknya kayak apa, dan kira - kira Aruna suka nggak ya. Sebenarnya nothing to loose banget waktu isi formulir Free Trial Kit ini, jadi kalaupun nggak dikirim juga sudah ikhlas - ikhlas saja wong namanya gratisan. Tapi ternyata beneran dikirim dan seneeeng banget karena Free Trial Kit Kodomo Challenge Seri Playgroup akhirnya sudah diterima Aruna. Makasih banget ya Shimajiro.id.

Dan taraa..ini dia penampakan Free Trial Kit Kodomo Challenge yang aku terima, ada buku bergambar, video teater Shimajiro, buku parent guide, informasi program pembelajaran Kodomo Challenge Playgroup 2018, serta beberapa leaflet.


  Free Trial Kit Kodomo Challenge 

Review Trial Kit Kodomo Challenge


"Mama mama, ada acan (baca : macan) ada inci (baca : kelinci)...", kata Aruna sambil menunjuk - nunjuk karakter Shimajiro dan Mimi-lynne di halaman depan buku bergambar Kodomo Challenge. "Mama, Kira mau nonton video ini mah.", balas Kirana tak mau kalah. Aruna yang tertarik dengan DVD yang dipegang kakaknya kemudian berusaha mengambil alih, dan merekapun berebut.

Iya, waktu kutunjukkan paket Free Trial Kodomo Challenge ini ke anak - anak, bukan hanya Aruna yang excited, kakaknya Kirana yang berusia 5 tahun juga ikutan heboh. Jadi menurutku ketika paket Free Trial Kodomo Challenge atau paket berlangganan Kodomo Challenge ini kita terima, sebaiknya jangan langsung ditunjukkan ke anak - anak ya, karena pasti akan chaos seperti pengalamanku, hihihi. Sebaiknya pelajari dulu paket yang kita terima supaya kita juga siap ketika mengajak si kecil bermain dan belajar dengan Kodomo Challenge.

Yang pertama kubaca adalah buku Parent Guide. Meskipun tipis hanya 8 halaman, namun parent guide ini isinya padat merayap dan sarat informasi. Setelah membaca buku ini aku jadi memahami bahwa orangtua sejatinya memiliki peran aktif bukan hanya dalam program edukasi Kodomo Challenge ini saja namun juga dalam proses tumbuh kembang anak pada umumnya. Program edukasi atau mainan edukatif sebagus apapun tidak akan efektif untuk anak jika orangtua kurang komunikatif dan ekspresif dalam bermain bersama anak. Misalnya saat menonton video Shimajiro, orangtua juga sebaiknya ikut menari, menyanyi dan aktif berkomunikasi pada anak tentang konten video yang sedang ditonton. Bukannya membiarkan anak bengong menonton di sofa sementara mamanya juga bengong lihat gadget. Ekspresi wajah dan suara juga penting banget lho, karena anak jadi belajar empati dan belajar merasakan ekspresi yang ditunjukkan oleh orangtua. Dan saat kita sungguh - sungguh menghadirkan hati dan diri kita saat bermain Kodomo Challenge dengan anak, otomatis kedekatan dengan anak akan semakin terjalin bukan?


  Parent guide 

Selanjutnya adalah DVD Teater Shimajiro. DVD ini terdiri 9 chapter video singkat yang terdiri dari aneka lagu, cerita, materi pembelajaran serta info dari Kodomo Challenge. Beberapa video yang ditampilkan juga berkaitan dengan buku bergambar Kodomo Challenge sehingga anak bisa mempelajari materi dengan lebih dalam. Sepertinya akan lebih baik kalau orangtua menghapal lagu - lagu dan gerakan yang ada di DVD ini, supaya bisa memandu anak saat menonton video. Anggap saja seolah - olah kita sedang menjadi guru TK untuk anak. Secara keseluruhan, DVD teater Shimajiro ini kaya karakter yang penuh semangat dan juga interaktif sehingga Aruna juga semangat banget menontonnya.


  DVD teater Shimajiro 

  Menonton DVD teater Shimajiro bersama anak 

Yang terakhir adalah buku bergambar Kodomo Challenge yang sukses lecek dalam sehari karena dibawa Aruna kemana - mana hingga tidur. Buku bergambar ini full color dan menggunakan kertas yang tebal sehingga memudahkan anak untuk membaca sendiri bukunya.

Kodomo Challenge 09
Tokoh - tokoh dalam bukunya lucu - lucu dan menarik sehingga pastinya membuat anak penasaran dan ingin tahu lebih dalam. Seperti reaksi Aruna ketika melihat karakter Matroyska warna yang sedang membuat roti lapis, yang tujuan materinya merangsang perkembangan kognitif anak.

"Ini apa mama?", tanya Aruna.
"Ini ijo sama pink, Una.", jawabku.
"Pink ain (baca: ngapain) mama?", tanyanya lagi penasaran.


Atau ketika ia tertarik dengan karakter ninja etika yang sedang mengajarkan kebiasaan baik ketika sedang makan di restoran bersama keluarga.



  Membaca buku bergambar bersama ayah 
Kesan dan pesan
Free Trial Kit Kodomo Challenge ini sudah memberikan kesan yang mendalam dan pengalaman belajar yang berbeda untuk Aruna. Contohnya saja, ia suka menyenandungkan lagu dan gerakan yang ada di DVD teater Shimajiro. Nggak heran juga sih karena lagu - lagunya easy listening dan mudah dihapal sehingga cocok untuk anak seusia Aruna. Begitupun dengan tarian dan gerakan di video tersebut. Contoh lainnya ketika ia memasukkan mainan - mainan yang disukainya ke dalam tas setelah melihat halaman Karakter Shimajiro dan Mimi-lynne dengan tas berisi barang - barang kesukaan mereka.


Kodomo Challenge, baik seri toddler maupun playgroupnya terdiri dari 5 tema pembelajaran yang dipilih berdasarkan hasil riset para ahli di bidang pendidikan. Yaitu kosakata, kemampuan sosial, kebiasaan hidup, kemampuan kognitif dan seni. Meskipun hanya edisi sample, namun Free Trial Kit Kodomo Challenge ini sudah memberikan gambaran yang jelas perihal kurikullum yang diusung Shimajiro.id pada program edukasi Kodomo Challenge. Edisi lengkapnya pasti lebih seru dan lengkap banget, karena akan ada banyak mainan edukatif yang dapat merangsang perkembangan motorik halus dan kognitif anak.

Dan setelah diskusi dengan suami, akhirnya kami memutuskan untuk berlangganan Kodomo Challenge untuk Aruna dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut :



  • Respon positif Aruna setelah bermain dengan Free Trial Kit Kodomo Challenge.

  • Tahun ajaran ini Aruna masih bermain dirumah, belum sekolah playgroup diluar. Kodomo Challenge dengan materi yang berbeda setiap bulan tentunya sangat membantu mama Aruna dalam mengoptimalkan proses tumbuh kembang Aruna selama dirumah.

  • Harga paket yang terbilang wajar, yaitu Rp. 3.168.000 per tahun atau Rp. 264.000 per bulan.

  • Materi sesuai dengan tahap usia Aruna dan dikemas dengan menarik.

Kodomo Challenge bantu optimalkan masa emas batita anda


1000 hari pertama kehidupan si kecil dikenal dengan masa golden age atau masa emas anak. Pada masa ini sel - sel saraf otak berkembang dengan pesat hingga 70-80%, dimana kemampuan daya serapnya bisa mencapai hingga 50%. Tidak hanya nutrisi, stimulasi tepat yang diberikan pada anak di masa emas mereka akan berpengaruh besar terhadap kecerdasan, daya kreativitas dan perilakunya di masa mendatang.

Kodomo Challenge merupakan salah satu stimulan yang tepat untuk masa emas anak karena merangsang kemampuan dasar dan alami si kecil. Metode pembelajaran dengan Kodomo Challenge ini memiliki tiga keunggulan.

Pertama adalah pembelajaran dengan pendekatan multi platform, yaitu Buku Bergambar, Mainan Edukasi, serta Video Edukasi dimana materinya saling berkaitan satu sama lain sehingga memberikan pengertian yang mendalam pada suatu materi. Kemudian dalam proses belajarnya juga melibatkan banyak indra seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan, dan kemampuan berpikir sehingga menajamkan indra juga fungsi koordinasi gerak tubuh batita.



  
Sumber : shimajiro.id[ 
Kedua, kurikulum dan materi program edukasi Kodomo Challenge disusun dari hasil riset dan sesuai dengan perkembangan usia batita. Kualitas materinya sendiri tidak perlu diragukan lagi karena Kodomo Challenge dikembangkan oleh Benesse Corporation, perusahaan pendidikan asal Jepang yang sudah berpengalaman selama 60 tahun di bidang pendidikan.


  
Sumber : shimajiro.id 
Ketiga, menghadirkan sosok learning buddy, Shimajiro. Shimajiro ini merupakan karakter edukatif yang berfungsi sebagai teman bermain si kecil. Orangtua dapat memanfaatkan learning buddy Shimajiro untuk bermain peran bersama anak atau mentrigger anak untuk mau melakukan suatu aktiivitas tertentu semisal menggosok gigi bersama Shimajiro, menyiram tanaman bersama Shimajiro, dan sebagainya. Bermain peran bersama anak juga dapat membantu meningkatkan kemampuan sosialnya lho.

  
Sumber : shimajiro.id 
***

Selain membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak di masa emasnya, tentunya Kodomo Challenge ini sangat membantu peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Tertarik berlangganan? Ayah bunda bisa mendaftar paket berlangganan 6 bulan seharga Rp. 2.178.000,- atau paket berlangganan 1 tahun seharga Rp. 3.168.000,-.

Ayah bunda juga bisa banget loh nyobain Free Trial Kit Kodomo Challange, dengan langsung mendaftarkan diri di Shimajiro.id. Jika ingin mencoba versi lengkapnya, Kodomo Challenge juga saat ini menawarkan paket Coba Dulu Campaign untuk kontrak 1 bulan seharga Rp. 396.000,-. Intip saja websitenya di www.shimajiro.id untuk informasi yang lebih lengkap.

Selamat menikmati keseruan bermain bersama si kecil dengan Kodomo Challange ya.

Comments

  1. Keunggulan fiturnya bagus-bagus ya. Kodomo Challenge jadi mainan edukasi yang menyenangkan buat anak-anak.

    ReplyDelete
  2. Iya mbak, Kodomo Challenge bagus kok buat batita. Saya sudah terima paket bulan Julinya dan lebih lengkap dari versi trialnya. Dapet tas dan boneka tangan, Aruna suka bangeet.. btw terima kasih sudah berkunjung ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Insto Dry Eyes, Solusi Seketika Untuk Gejala Mata Kering Saat Mengemudi Mobil

Gejala mata kering bisa datang tiba – tiba dan mengganggu aktivitas kita. Entah itu saat sedang asyik membaca, marathon nonton drama Korea, atau mengemudi di jalan raya. Jangan dibiarkan saja, Untuk gejala mata kering, Insto Dry Eyes solusinya. Setiap kali memperhatikan suami tatkala ia sedang mengemudi, saya selalu berpikir bahwa mengemudi mobil itu hal yang mudah. Hanya menggoyang setir, mengganti gigi, menginjak pedal gas dan pedal rem saja kan? Apa sih sulitnya? Tapi secara praktik, mengemudi mobil itu ternyata tak semudah yang dibayangkan. Karena ada entitas tak berwujud lain yang mesti diperhitungkan. Seperti feeling , respon berpikir, fokus dan konsentrasi.  Mengemudi mobil juga butuh mental yang berani, serta koordinasi yang apik antara mata, tangan dan kaki. Apalagi untuk mengemudi di jalan raya. Lengah sedikit tak hanya dapat membahayakan diri sendiri saja, namun juga bisa mencelakakan pengguna jalan lainnya. Hal yang paling krusial saat mengemudi di

Jalan - jalan ke Cibinong City Mall untuk Akhir Pekan yang Menyenangkan

Saat weekdays , pagi - pagi sekali ayah sudah berangkat bekerja. Kirana menghabiskan setengah harinya di sekolah. Sementara saya, sepanjang hari berjibaku dengan berbagai urusan rumah tangga sambil mengasuh Aruna. Rutinitas seperti ini, otomatis membuat family time yang terbangun pada hari kerja sangat terbatas waktunya. Itu sebabnya, kita semua selalu mendamba weekend, bukan? Weekend atau akhir pekan, bagi saya adalah saatnya family time . Dimana semua anggota keluarga bisa berkumpul lengkap dan menghabiskan waktu bersama. Salah satunya dengan pergi jalan - jalan. Dengan segala kepenatan yang begitu terasa saat hari kerja, tentunya semua ingin jalan - jalan saat akhir pekan. Apalagi saya, ibu rumah tangga yang sehari - harinya hanya di rumah saja. Masa iya akhir pekannya nggak kemana - mana? Tentunya sayalah yang paling semangat mengajak orang rumah untuk jalan - jalan. Jalan - jalan keluarga kami itu nggak neko - neko kok. Yang penting membuat

Maksimalkan Cantik Alamimu dengan Perawatan Tubuh Praktis ala Velvy Beauty

Punya suami yang tak romantis itu seringkali membuat diri ini gigit jari. Bayangkan saja, selama 7 bulan pacaran hingga 7 tahun menikah, tak pernah sekalipun ia memberi bunga atau puisi yang sering diharap - harap sang istri.                                         Padahal istrinya ini ingin sekali merasakan berbunga - bunganya hati ketika diberi sekuntum mawar. Setidaknya, setahun sekali lah, pada saat ulang tahun atau wedding anniversary. Meski sudah diberi kode keras, namun tak pernah sekalipun ia mengabulkannya. Sebagai ganti, ia selalu membawa cake ulang tahun untuk dikunyah bersama. Oh my god . Suami saya ini selalu punya pembelaan sendiri kenapa tak pernah mau memberikan bunga untuk istrinya. Katanya, kalau bunga adalah lambang cinta, maka bunga itu pasti layu dan berguguran. Sementara cintanya pada sang istri akan selalu abadi dan berkembang. sumber : tenor.com Kalau sudah bilang begitu biasanya saya langsung balik kanan, pura - pura nggak dengar sambi